IMG-LOGO
Artikel Kesehatan

Bagaimana Menangani Asma?

Create By KKN-PPM UGM 07 May 2023 427 Views
IMG

Asma adalah penyakit saluran pernapasan kronis yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada saluran pernapasan. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh reaksi alergi terhadap berbagai bahan yang dapat memicu penyempitan saluran napas. Asma mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia dan dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Artikel ini akan membahas seluk beluk asma dan cara mengelola kondisi ini.

 

Penyebab Asma

Asma disebabkan oleh peradangan pada saluran napas. Peradangan dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap bahan tertentu seperti serbuk sari, bulu binatang, debu, dan jamur. Selain itu, asma juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan seperti polusi udara, cuaca dingin, dan asap rokok. Beberapa orang juga memiliki faktor risiko genetik yang meningkatkan kemungkinan mereka terkena asma.

 

Gejala Asma

Gejala asma meliputi napas tersengal-sengal, batuk-batuk, dan sesak napas. Pada beberapa kasus, penderitanya juga mengalami rasa sakit dada dan kelelahan. Gejala-gejala asma dapat terjadi secara tiba-tiba dan seringkali memburuk di malam hari atau saat aktivitas fisik. Beberapa orang hanya mengalami gejala sesekali, sedangkan yang lain menderita gejala sepanjang waktu.

 

Pengobatan Asma

Pengobatan asma tergantung pada tingkat keparahan kondisi. Dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti inhaler, kortikosteroid, dan bronkodilator untuk membantu mengatasi gejala asma dan mencegah serangan asma. Selain itu, penderita asma juga dapat melakukan perubahan gaya hidup seperti menghindari bahan yang memicu reaksi alergi, berolahraga secara teratur, dan menghindari merokok.

 

Pencegahan Asma

Mencegah terjadinya serangan asma dapat dilakukan dengan cara menghindari faktor-faktor risiko seperti bahan-bahan yang memicu reaksi alergi, merokok, dan polusi udara. Penderita asma juga disarankan untuk memonitor gejala dan menggunakan inhaler secara teratur untuk mencegah serangan asma.

 

Asma adalah kondisi kronis yang mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Namun, dengan pengobatan yang tepat dan gaya hidup yang sehat, penderita asma dapat hidup secara normal dan mengurangi risiko serangan asma.

 

Referensi:

1. Global Initiative for Asthma. (2021). Global Strategy for Asthma Management and Prevention. https://ginasthma.org/wp-content/uploads/2021/05/GINA-Main-Report-2021-V2-WMS.pdf

2. National Heart, Lung, and Blood Institute. (2021). Asthma. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/asthma

3. American Lung Association. (2021). Asthma. https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/asthma