IMG-LOGO
Artikel Kesehatan

Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Demam Berdarah

Create By KKN-PPM UGM 07 May 2023 196 Views
IMG

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. DBD terutama terjadi di daerah tropis dan subtropis, termasuk Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Afrika. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang demam berdarah dengue:

 

1. Gejala

 

Gejala DBD dapat bervariasi dari ringan hingga berat. Gejala awal meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, serta ruam pada kulit. Gejala serius termasuk perdarahan dari hidung, gusi, atau kulit, serta penurunan jumlah sel darah putih dan trombosit.

 

2. Penyebaran

 

Virus dengue ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya hidup di daerah perkotaan dan subur dan menggigit pada pagi dan sore hari. Virus dengue tidak menyebar dari orang ke orang, kecuali melalui transfusi darah atau penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi.

 

3. Diagnosis

 

Diagnosis DBD dapat dilakukan melalui pemeriksaan darah. Tes ini dapat menentukan apakah seseorang terinfeksi virus dengue dan seberapa serius infeksinya. Tes darah harus dilakukan segera setelah gejala muncul.

 

4. Pengobatan

 

Tidak ada pengobatan khusus untuk DBD. Pengobatan meliputi mengurangi gejala dan mencegah komplikasi. Pasien dengan DBD biasanya memerlukan perawatan medis yang ketat, termasuk pemantauan jumlah sel darah, cairan dan elektrolit, dan suhu tubuh.

 

5. Pencegahan

 

Cara terbaik untuk mencegah DBD adalah dengan menghindari gigitan nyamuk. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan jaring nyamuk pada jendela dan pintu, memakai baju lengan panjang dan celana panjang, serta menggunakan obat nyamuk yang mengandung DEET atau picaridin. Selain itu, hindari tempat-tempat yang memiliki banyak genangan air, karena nyamuk aedes aegypti berkembang biak di air yang tergenang.

 

Referensi:

1. Centers for Disease Control and Prevention. Dengue. https://www.cdc.gov/dengue/index.html

2. World Health Organization. Dengue and severe dengue. https://www.who.int/news-room/q-a-detail/dengue-and-severe-dengue

3. Mayo Clinic. Dengue fever. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dengue-fever/symptoms-causes/syc-203 Dengue fever. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dengue-fever/symptoms-causes/syc-20353078

4. American Society of Tropical Medicine and Hygiene. Dengue. https://www.astmh.org/for-the-public/what-is-tropical-medicine--health/dengue

5. MedlinePlus. Dengue fever. https://medlineplus.gov/denguefever.html