IMG-LOGO
Artikel Kesehatan

Kenali Bahaya Kanker Hati

Create By KKN-PPM UGM 07 May 2023 155 Views
IMG

Kanker hati, juga dikenal sebagai karsinoma hepatoselular, adalah jenis kanker yang berasal dari sel-sel hati. Kanker hati biasanya berkembang secara bertahap dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Berikut ini adalah seluk-beluk kanker hati yang perlu diketahui:

 

1. Gejala

 

Kanker hati awal mungkin tidak menimbulkan gejala yang jelas, tetapi gejala dapat muncul ketika kanker telah berkembang menjadi stadium yang lebih lanjut. Gejala kanker hati termasuk rasa sakit atau tekanan di perut, peningkatan ukuran hati, kehilangan nafsu makan, mual atau muntah, kelelahan, dan penurunan berat badan yang tidak dijelaskan.

 

2. Faktor Risiko

 

Faktor risiko kanker hati meliputi infeksi virus hepatitis B atau C, konsumsi alkohol dalam jumlah besar, obesitas, diabetes, dan paparan bahan kimia tertentu. Faktor risiko lain termasuk kelainan genetik dan kondisi medis tertentu yang mempengaruhi hati, seperti sirosis.

 

3. Diagnosis

 

Diagnosis kanker hati biasanya melibatkan pemeriksaan fisik, tes darah, tes pencitraan, dan biopsi. Tes pencitraan seperti USG, CT scan, atau MRI dapat membantu dokter melihat gambaran yang lebih jelas dari hati dan menentukan ukuran dan lokasi kanker. Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel jaringan hati yang mencurigakan dan memeriksanya di laboratorium.

 

4. Pengobatan

 

Pilihan pengobatan untuk kanker hati tergantung pada stadium kanker dan kesehatan umum pasien. Pengobatan kanker hati dapat meliputi operasi pengangkatan tumor, radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, dan transplantasi hati. Terapi target, seperti penghambatan pembuluh darah atau obat yang menargetkan mutasi spesifik, juga dapat digunakan.

 

5. Pencegahan

 

Beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah kanker hati termasuk vaksinasi terhadap virus hepatitis B, penghindaran konsumsi alkohol secara berlebihan, menjaga berat badan yang sehat, dan menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Selain itu, penting untuk menghindari penggunaan obat-obatan yang tidak terkontrol dan memperhatikan kesehatan hati secara umum.

 

Referensi:

1. American Cancer Society. Liver Cancer. https://www.cancer.org/cancer/liver-cancer.html

2. Mayo Clinic. Liver Cancer. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/liver-cancer/symptoms-causes/syc-20353663

3. National Cancer Institute. Liver (Hepatocellular) Cancer—Patient Version. https://www.cancer.gov/types/liver/patient/liver-treatment-pdq

4. World Health Organization. Cancer Today: Liver Cancer. https://gco.iarc.fr/today/data/factsheets/cancers/11-Liver-fact-sheet.pdf