IMG-LOGO
Berita

Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Desa Tamanagung

Create By KKN-PPM UGM 06 May 2023 135 Views
IMG

Pada hari Kamis, tanggal 6 April 2023, diadakan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Aula Utama, Balai Desa Tamanagung. Acara ini dihadiri oleh para perwakilan dari berbagai sektor terkait, termasuk pihak BPJS, perwakilan Perangkat Desa, Mahasiswa KKN-PPM UGM, serta masyarakat umum.

 

Acara ini dibuka oleh Yasmine Pratiwi S., selaku perwakilan dari Mahasiswa KKN-PPM UGM, yang menyampaikan sambutan dan tujuan dari sosialisasi JKS-KIS. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dari JKN-KIS adalah untuk memberikan perlindungan kesehatan yang lebih baik kepada seluruh masyarakat Indonesia. Melalui program ini, diharapkan setiap individu akan mendapatkan akses yang lebih mudah dan terjangkau terhadap layanan kesehatan berkualitas.

 

Sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber yang ahli di bidang jaminan kesehatan dan implementasi JKS-KIS. Narasumber pertama, Bapak Ikhwan, dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, memaparkan secara rinci mengenai proses pendaftaran, manfaat, dan fasilitas yang diberikan oleh JKS-KIS. Beliau menjelaskan bahwa JKS-KIS mencakup layanan kesehatan prabedah, bedah, rawat inap, rawat jalan, dan obat-obatan, serta memberikan perlindungan finansial dalam menghadapi risiko kesehatan.

 

Dalam acara ini, juga diadakan sesi tanya jawab yang melibatkan peserta sosialisasi. Peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait proses pendaftaran, klaim, dan manfaat yang diberikan oleh JKS-KIS. Para narasumber dengan penuh kesabaran dan kecerdasan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sehingga peserta sosialisasi mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dan komprehensif mengenai JKS-KIS.

 

Setelah sosialisasi, dilakukan pendaftaran BPJS Kesehatan untuk masyarkat umum Desa Tamanagung.